Friday, September 11, 2015

Bahasa Arab Di kalangan Madrasah Ibtidaiyah

·   0


Pelajaran Bahasa Arab pada kelas 1 MI diarahkan secara bertahap untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa arab, yaitu kemampuan terbatas pada kemampuan menyimak dan menirukan, serta penguasaan kosakata (mufradat) untuk berkomunikasi secara lisan, sesuai dengan cara berfikir dan kemampuan kebahasaan siswa, tidak bertujuan mengembangkan keterampilan membaca dalam pengertian pemahaman, dan menulis dalam pengertian menyusun kalimat (insya). Dengan kata lain, tujuan afejjtiflah yang dikedepankan, lalu tujuan psikomotorik, kemudian tujuan kognitif yang mendukung terwujudnya tujuan afektif.


Kegiatan selanjutnya adalah evaluasi hasil prestasi belajar. Evaluasi merupakan kegiatan penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Kegiatan evaluasi sangat penting karena kegiatan ini menjadi sebuah tolak ukur dalam mengetahui hasil kemampuan siswa dalam pencapaian ilmu. Selain itu, evaluasi juga bertujuan untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan yang selanjutnya harus diperbaiki agar prestasi yang diharapkan tercapai. Prestasi belajar merupakan sebuah pencapaian hasil belajar yang harus dicapai oleh peserta didik. Evaluasi belajar hendaknya dilakukan guru secara terus-menerus dengan berbagai cara, bukan hanya pada saat-saat ulangan terjadwal atau saat ujian belaka.

Dalam penerapannya, pada mata pelajaran bahasa arab kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kayen terdapat banyak hal yang harus di evaluasi diantaranya dari faktor eksternal yaitu lokasi madrasah yang terletak di pedesaan sehingga berdampak pada pola pikir anak didik, kedua muncul faktor internal yaitu faktor dari sumber daya manusia itu sendiri, sehingga berdampak kepada penyerapan ilmu yang kurang maksimal, faktor kedua muncul dari orangtua yang mayoritas mempunyai pekerjaan yang tidak menetap dirumah, sehingga peran orangtua sebagai guru dirumah kurang. Faktor ketiga kurangnya umur anak ketika masuk kelas satu sehingga prestasi siswa menurun. Kurangnya motifasi setiap penyajian materi pelajaran bahasa arab juga mempengaruhi minat para peserta didik untuk memahami materi tersebut.

Subscribe to this Blog via Email :